Arti Atap, Pengertian Atap, Makna Atap

Arti Atap atau pengertian atap adalah penutup rumah atau bangunan di bagian atas. Atap adalah benda yang dipakai untuk menutup bagian atas rumah. Atap merupakan elemen vital pada konstruksi sebuah rumah tinggal karena berada di atas, untuk menutupi seluruh bagian rumah itu sendiri. Struktur atap suatu bangnan harus sesuai dengan denah atau bentuk keseluruhan bangunan. Atap rumah tinggal terdiri atas rangka atap (yang membuat bentuk atap itu sendiri) dan penutup atap. Penutup atap bisa genteng, asbes, seng, dan sebagainya. Fungsi Atap
  •              Fungsi yang paling penting yaitu menghindari masuknya air hujan.
  •              Menerima panas sinar matahari dan menahan suhu agar tetap dingin di ruang bawah atap dan menyerap panas tersebut dalam konsep arsitektur tropis.
  •              Atap mempunyai fungsi utama menerima beban oleh bobot sendiri, yaitu beban kuda – kuda dan bahan pelapis berarah vertyikal kemudian meneruskannya pada kolom dan pondasi.
  •              Fungsi lainnya untuk menahan tekanan angin muatan yang berarah horizontal pada gevel.
Demikian tadi pembahasa tentang atap. Semoga sekarang anda sudah paham mengenai arti atap, pengertian atap atau definisi atap.

Tidak ada komentar