Menghemat Anggaran Resepsi Pernikahan

Menikah itu tidak murah, banyak biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, dalam merancanakan sebuah pesta pernikahan butuh persiapan yang sangat matang dan memperhatikan banyak faktor. Namun untuk mewujudkan suatu pernikahan yang  mewah dan indah tidak harus mahal. Ada berbagai tips untuk menghemat anggaran resepsi pernikahan. Berikut ini contohnya : [caption id="" align="alignright" width="288"]anggaran pernikahan anggaran pernikahan[/caption]  
  1. Perhatikan baik – baik biaya pernikahan untuk dekorasi. Dekorasi yang menghasilkan kesan indah dan mewah tidak harus menghambur – hamburkan uang. Kurangi biaya dalam dekorasi bunga. Anda bisa memakai alternatif lain yang lebih murah, misalnya dengan hiasan bunga kertas warna – warni.
  2. Jika anda terpaksa menggunakan bunga dalam dekorasi, pilihlah bunga yang murah namun indah dan cantik. Jangan terlalu banyak menggunakan bunga mawar, karena hanya akan membuat budget anda membengkak. Pilih bunga lain seperti anyelir yang murah namun tetap cantik.
  3. Libatkan kerabat. Misalnya anda memiliki saudara seorang fotografer, kenapa tidak minta tolong kepadanya? Anda bisa mendapatkan diskon, atau bahkan gratis. Ajak juga saudara anda untuk membantu menghias tempat resepsi. Ini akan memangkas biaya pernikahan anda.
  4. Pesan undangan secukupnya. Hanya gunakan undangan untuk orang – orang yang sulit ditemui. Tidak ada salahnya anda mengundang teman – teman anda secara lisan, sehingga biaya undangan akan terpotong secara signifikan.
  5. Kue yang mewah dan besar memang terlihat indah, namun ini akan menguras kantong anda. Carilah alternatif lain. Misalnya dengan kue – kue kecil seperti cupcakes. Cupcakes yang disusun dan dihias dengan indah akan memberikan kesan dan warna tersendiri dalam pesta pernikahan anda.
  6. Jangan berlebihan dalam biaya makanan dan minuman. Ini adalah hal yang paling gampang untuk over budget. Untuk membuat tamu undangan anda puas, tidak perlu menyajikan makanan – makanan yang mahal dan mewah. Diskusikan dengan katering tentang tamu undangan. Jika tamu undangannnya adalah orang – orang lokal ( warga masyarakat sekitar ), anda tidak perlu menyajikan makanan yang aneh – aneh.
  7. Gabungkan prosesi pernikahan. Kadangkala calon pengantin menetapkan waktu yang berbeda untuk akad nikah dengan resepsi pernikahan. Ini akan memakan biaya dua kali lipat. Langsungkan resepsi setelah akad nikah, maka dengan ini akan menghemat pengeluaran uang daripada dilakukan di lain waktu.
Beberapa hal di atas hanyalah tips menghemat anggaran resepsi pernikahan. Pada akhirnya anda yang menentukan. Anda juga berhak untuk menghabisakan seluruh uang anda dalam resepsi pernikahan anda, tidak ada yang melarang. Bahkan para artis pun menghabiskan milyaran rupiah hanya untuk sebuah prosesi pernikahan. Namun jika anda adalah orang yang bijak dalam menggunakan uang anda, maka cara – cara di atas dapat anda praktekkan. Selamat melangsungkan pernikahan.

Tidak ada komentar